Blogger news

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 19 Desember 2013

Jalur K.A. Mati di Kota Tegal Ke-2

Lanjutan....
Stasiun Tegal Loko_merahbiru adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal. Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal (sekarang udah mati) percabangannya ada tuh didepan rumah sinyal utara st Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini (ada triple track) bercabang dua, double track ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto.Stasiun ini beroperasi di bawah kendali Daerah Operasi 4 Semarang.


Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Wah kalau melihat gambar stasiun tegal tahun 1918 dengan yang sekarang terlihat atap Stasiun tegal seperti tidak berubah sama sekali.




Ini membuktikan kalo Stasiun Tegal tidak melupakan sejarah mereka.

 

Sampai sekarang masih seperti dulu paling cuma lantai emplasement doank yang sudah dirombak,
dulu waktu tahun 1918an stasiun Tegal terbilang cukup sukses sebagai sarana keluar masuknya barang2 dan rempah2 hasil perkebunan rakyat milik kolonial belanda yang dikirim keluar negeri (terutama Belgia, Belanda) melalui stasiun Tegal ini dan dilanjutkan melalui percabangan rel menuju ke Stasiun Tegal Gudang (dekat pelabuhan, sekarang tidak aktif),,,New_sedihtisue untuk selanjutnya dikirim dengan kapal ke tujuan .


Stasiun TEGAL +4M



Stasiun Tegal +4m merupakan salah satu stasiun besar. hampir semua KA yng melintas jalur utara berhenti disini. stasiun tegal masuk DAOP 4 SM. gimana sepak terjang stasiun Tegal yang jalunya bisa dibilang sedikit unik karena lintasanya membentang dari selatan ke utaraLoko_merahbiru


ini juga kampung halamannya KA Kaligung ama TegalArum 


kereta apa aja yg berhenti di TG? 


Semua kereta api yang melintas jalur utara berhenti di stasiun TegalLoko_merahbiru baik kereta Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Argo maupun KA Barang
kecuali KA ABA sama Sembrani (tp sembrani klo yng no KA nya ganjil berhenti disini).


KA Barang 1006 di Sepur 3 Stasiun Tegal 



percabangan jalur Ke Cirebon dan Prupuk yang ada di barat stasiun Tegal, tempatnya setelah di PJL Sultan Agung. jadi begini disitu ada triple track, nah salah satu track ini belok ke selatan (yng menuju Prupuk)

trus yang double track sisanya lurus terus (yng ke cirebon).




Stasiun Tegal...... Dulu, Sekarang dan selamanya .......! 


Suasana Stasiun Tegal di sore hari....

Stasiun Tegal pada tahun 1988




bagian belakang Stasiun Tegal Gudang (sekarang tidak aktif)



(Eks.) Stasiun TegalGudang

keadaan masa kini bagaimana?

keadaan jalur yang dari Stasiun Tegal ke bekas Stasiun TegalGudang kondisinya memprihatinkan relnya banyak yang diserobot warga untuk dibuat rumah semi permanen ,,,,
Untuk rel yang melintasi sungai terlihat dengan jelas kalau konstruksi jembatanya masih bagus (di Jl.SetiaBudi & di Jl. Raya Yos Sudarso Pantura) cuma ga dirawat aja,,,,,


gambar sketsa bangunan Stasiun Tegal oleh arsitek Henricus McLaine Pont




Stasiun Tegal Gudang letaknya sebelah utara stasiun Tegal (ngikutin percabangan jalur mati yang ada di rumah sinyal seb utara stasiun tegal) setelah sampai perempatan Jl. SetiaBudi terus ke utara melewati jalur Pantura, letaknya ada di dalam wilayah komplek pelabuhan Tegal,,

sampai sekarang ini cuma KA Kaligung, KA Cirek terus KA Tegal Arum yang nginep di Tegal
setelah ketel sampai stasiun Tegal kemudian gerbong dilangsir menuju Depo Pertamina Tegal untuk ditampung disana dan didistribusikan ke beberapa SPBU yang ada di seluruh karesidenan Pekalongan, serta sebagian wilayah cirebon dengan menggunakan truk tanki .


Foto TT dipo Tegal sewaktu masih beroperasi (bintangnya adl B 5212 sekarang berada di TMII)






Ketelan meninggalkan stasiun Tegal



argo bromo anggrek saat berjalan langsung di stasiun tegal


Monumen loko uap di depan BY( Balai Yasa) Tegal







entang jalur (sepur) di Stasiun Tegal Loko_merahbiru:
Jalur 1 : biasanya digunakan untuk KA ekonomi, bisnis, eksekutif yng berhenti, ABA langsung
Jalur 2 : khusus KA Barang yng serebuan sama yng delapanrebuan, dpt juga untuk ABA yng langsung
Jalur 3 : biasanya KA Kaligung
Jalur 4 : khusus KA Ketelan BBM Pertamina,Kethel utk tujuan akhir sekalian mangkrak nunggu dilangsir ke depo Pertamina Tegal
Jalur 5 : tempat mangkrak KA Ketelan BBM Pertamina tunggu langsir ke depo Pertamina TG
percabangan Jalur 5 (jalur6) : tempat mangkrak KA Ketelan BBM Pertamina, nunggu dilangsir ke depo Pertamina TG atau biasanya buat mangkrak KA yng mau dibawa ke Balai Yasa Tegal. 


Kondisi TT ( TrunTable) Tegal



Kondisi saat ini sekarang TT masih bisa dipakai tapi permasalahannya jarang ada loko yang diputer disitu,.....Loko_merahbiru biasanya kalau tidak bisa dpake tidak mungkin dirawat begitu, dicat dan diberi pelumas segala macam. Pernah ada mencoba untuk memutarnya namun karena memang sudah tidak dirawat dan jarang di gunakan ya bisa di bilang sudah mati dan jarang ada loko besar mampir di tegal sehingga TT nya mati suri.
Loko yang di rawat di tegal hanya loko langsir saja kan dipo tegal hanya sub dipo bukan dipo induk makanya aktifitas disini tidak sesibuk dipo jng atau abandung misalnya. 
iya lama tidak kepakai jadinya truntable begitu cuma dicat doang !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar